ArenaLTE.com – Teknologi jaringan generasi keempat 4G LTE sudah mulai diadopsi banyak operator, bahkan beberapa vendor telekomunikasi juga sudah menghadirkan produk dukungan. Namun mengingat daya beli masyarakat yang sebagian besar menengah ke bawah, hanya beberapa merek smartphone 4G 2 jutaan saja yang cukup laris di pasaran, termasuk di wilayah Jabodetabek ini.

Berikut beberapa merek produk dan seri yang memang cukup banyak diburu pelanggan, bahkan di antaranya sudah menjadi produk inden dan ditunggu banyak pelanggan. Seperti yang terjadi di wilayah pasar toko ITC Roxy Mas, di Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Smartfren Andromax R

andromax-R1-2Pecinta ponsel layar lebar sekaligus pengguna kartu Smartfren, memang cukup perhatikan setiap produk yang dirilis oleh operator CDMA ini. Bahkan, dalam versi ini diungkapkan beberapa toko di wilayah Roxy Mas cukup menjadi incaran. Smartfren Andromax R hadir dengan layar yang besar dimensi 5 inci yang mendukung resolusi 720p HD.

Selain dukungan layar dan tampilan yang elegan, alasan pembeli banyak memilih Andromax R adalah dukungan konektivitas 4G LTE. Operator CDMA ini sudah mengadopsi teknologi jaringan besar tersebut di pita frekuensi 2.300MHz, bahkan memiliki penggunaan pita lebar 30MHz lebih besar dari pesaingnya Telkomsel.

Untuk spesifikasi, Andromax R dibekali dengan dapur pacur prosesor Quad Core Snapdragon 410 kecepatan 1,2GHz, serta dibekali dengan memori RAM 1GB. Selain itu juga, ada persenjataan kamera dengan resolusi 8 pada bagian utama, dan kamera depan 5MP disertai Flash. Alasan lain yang diungkapkan para penjual karena ponsel ini laris adalah tawaran harga yang hanya sekira Rp1,6 jutaan.

 Smartfren Andromax Ec

Andromax-E

Tidak hanya Andromax R yang didukung dengan dua slot jaringan, seperti CDMA Smartfren dan GSM dan teknologi 4G. Operator ini juga masih memiliki seri lainnya yang dibanderol lebih murah, sekira hanya dilepas Rp1 jutaan cukup terjangkau banyak pecinta ponsel.

Untuk spesifikasi di ponsel menengah, Andromax Ec didukung dengan prosesor Quad Core Snapdragon 410 dan memori RAM sebesar 1GB. Selain itu juga ada penyimpanan memori internal seluas 8GB yang bisa diekspansi melalui slot Micro SD yang tersedia.

Pada bagian kamera, Andromax Ec mengandalkan resolusi kamera pada bagian utama dan depan dengan besaran yang sama, yakni 5MP. Resolusi yang cukup mendukung untuk mendukung pengambilan foto mendadak dengan hasil yang tidak mengecewakan.

Lenovo A6000

Lenovo-A6000

Pilihan lain untuk pencari Smartphone 4G 2 jutaan, sepertinya Lenovo A6000 merupakan pilihan yang juga banyak direkomendasikan toko penjual Roxy, seri ini dibanderol di kisaran Rp1,6 jutaan. Sehingga dengan budget Rp2 juta masih ada kembalian. Lenovo A6000 menyediakan dua slot kartu GSM dengan slot SIM card pertama mendukung koneksi jaringan 4G LTE.

Pada bagian dapur pacu Lenovo A6000 mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 dengan kecepatan 1,2GHZ, serta memori RAM 1GB. Namun sayang, sistem operasi yang diadopsi seri ini masih menggunakan Android versi 4.4 KitKat, dan memori internal sebesar 8GB yang dapat diekspansi hingga 32GB melalui slot Micro SD.

Sedangkan untuk kamera, seri A6000 dibekali dengan resolusi sebesar 8MP pada bagian utama dengan dilengkapi fitur LED Flash dan Autofokus. Serta kamera depan yang mengandalkan resolusi 2MP untuk menunjang foto selife para pengguna.

Asus Zenfone 2 (ZE551ML)

Asus-Zenfone-2-Featured-Image

Meski baru terjun di industri ponsel, namun nama keluarga seri Zenfone sudah banyak dikenal para pecinta Android dunia. Untuk seri terbaru yang dihadirkan perusahaan adalah varian dari seri ZE551ML yang dibekali RAM 2GB, dengan dibanderol sekira Rp2,6 jutaan hadir menggunakan kapasitas penyimpanan memori internal 16GB.

Untuk spesifikasinya sendiri, Asus Zenfone 2 yang hadir dengan kode seri ZE551ML ini memiliki spesifikasi yang cukup mengagumkan, yakni hadir dengan dukungan prosesor Quad Core Intel Atom kecepatan 1,8 GB dan RAM 2GB.

Zenfone 2 ZE551ML hadir menggunakan kamera utama sebesar 13MP dengan fitur pendukung yang menguntungkan, seperti LED Flas Dual-Tone. Serta kamera depan dengan resolusi yang juga besar yakni 5MP.

Hisense PureShot Plus

hisense-pureshot-

Salah satu toko ponsel yang redaksi kunjungi di area Roxy Mas, menyebutkan bahwa Hisense yang ramai diperbincangkan adalah seri PureShot Plus. Salah satu keunggullan yang diberikan ponsel diungkapkan adalah adopsi dua slot kartu SIM yang mampu membaca multi operator. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir meletakkan SIM Card dari Smartfren pada slot manapun, baik SIM 1 maupun SIM 2 bahkan kedua slot tersebut sudah mendukung koneksi 4G.

Untuk spesifikasi perangkat, seri kali ini hadir dengan dukungan prosesor berinti delapan, serta memori pemrosesan sistem sebesar 2GB. Serta sudah mengadopsi sistem operasi Android terbaru, Lollipop yang telah masuk dalam seri 5.0

Hisense PureShot Plus hadir dengan dukungan kamera utama sebesar 13 MP serta kamera depan mencapai 5MP. Selain itu juga, menggunakan dimensi layar 5,5 inci dengan panel IPS yang mempu memberikan tampilan gambar layar lebih terang dan jernih meski dalam sudut pandang 170 derajat sekalipun.

Xiaomi Mi4

xiaomi-mi4Kehandalan kamera dan tawaran harga yang dibanderol Rp2,9 jutaan, serta adopsi teknologi 4G LTE menjadi incaran banyak pecinta ponsel Android.

Xiaomi Mi4 juga hadir dengan dukungan dapur padu yang cukup tinggi, seperti halnya dimensi layar 5 inci yang sudah menggunakan LCD jenis IPS untuk memberikan detail warna tanpa gradasi disudut pandang 170 derajat. Lainnya adalah prosesor Qualcomm 801 Quad Core yang membawa kecepatan 2,5GHZ, serta memori pemrosesan RAM sebesar 3GB.

Untuk bagian kamera yang menjadi nilai jual produk, smartphone 4G 2 jutaan ini hadir dengan dukungan resolusi kamera 13MP dengan fitur andalan LED Flash, autofokus dan sensor sebesar 1/3 inci. Serta kamera depan dengan resolusi mencapai 8MP, yang cukup memuaskan untuk mendukung pengambilan foto selife pengguna. (bda)