ArenaLTE.com – Seperti kegiatan ‘koreksi pasar’ yang kami lakukan di waktu sebelumnya, Minggu kedua pada Desember 2016 ini pun mencatatkan hal khusus yang kami temui terutama di wilayah pasar Roxy Mas. Wilayah pertokoan ponsel di bilangan Jakarta Barat ini, ternyata menyiratkan bahwa ada beberapa produk yang mulai sepi peminatnya seperti smartband dan Jam Tangan Pintar.

Jam tangan pintar memang sejatinya selalu dipasangkan dengan smartphone yang ada sekarang, namun tetap produk ini dianggap hanya sebagai pelengkap saja. Pasalnya, jam tangan pintar yang ada saat ini dirasakan kurang bermanfaat jika tidak didampingi dengan alat utamanya, seperti smartphone untuk bisa dimaksimalkan kegunaannya yang bukan hanya sebagai penunjuk waktu.

Hasan salah satu pengunjung Roxy Mas, menuturkan kepada redaksi arenalte.com,”Kesini sih memang niatnya mau cari smartphone, dan nggak minat sama jam tangan pintar atau gelang pintar itu. Soalnya kan kalau mau maksimali fiturnya harus ada smartphonenya, kalau gak ada itu kayanya kurang pas dan gak maksimal aja. Buat hadiah juga sayang, takut gak kepakai kalo gak ada smartphonenya.”

Baca :
Jajaran Tablet dan Smartphone Premium Puluhan Juta yang Bisa Ditemui di Roxy Mas
Pesan di Balik Kata ‘Silahkan Mampir Kakak!’ di Toko Ponsel Roxy Mas

Senada dengan yang diutarakan para pengunjung. Beberapa penjaga toko pun mengungkapkan bahwa memang minat pembeli smartphone jauh lebih besar bila dibandingkan dengan smartwatch, namun pastinya selalu ada yang menanyakan produk ini.

“Biasanya yang beli jam tangan pintar atau smartband itu ya langsung dari gerai produsennya atau pada pameran di depan. Tapi, kalau dari toko langsung jarang yang nanya juga walau ada minimal 1 produk di beli dalam waktu seminggu,” tegas Abdul salah satu penjaga toko ponsel di Roxy Mas.

smartphone yang turun harga

Ia juga menuturkan bahwa memang yang kebanyakkan beli smartwatch hanyalah orang tertentu saja, dan banyak dari konsumen tersebut sudah terlebih dahulu tau merek dan tipe yang akan dibelinya.”Mereka datang langsung sebut merek dan tipe yang dimau, paling kita tawarin produk lain kalau yang dimintanya gak ada,” tambahnya.

Meski memang terbilang jarang ada pengunjung yang mencari jam tangan pintar, namun tidak berarti produk ini akan sulit ditemukan. Masih ada beberapa toko menyediakan jam tangan pintar dari beragam merek dan type, berikut daftar jam tangan pintar dan smartband tersebut.

Samsung

  • Gear Fit 2                              : Rp.2.350.000
  • Gear S2 : Rp 3.250.000
  • Gear S2 Classic : Rp.3.850.000
  • Gear S2 Classic WG : Rp.5.450.000

Motorola

  • Moto 360 2G : Rp.2.950.000

Xiaomi

  • Mi Band2 : Rp.350.000

Asus

  • Zenwatch : Rp.2.250.000