ArenaLTE.com – Rendahnya penetrasi kartu debit dan kredit seperti yang dilaporkan dalam artikel Wall Street Journal (WSJ) 2014 lalu, menjadi alasan minat belanja masyarakat Indonesia secara offline masih tumbuh. Promo dan bonus adalah daya tarik yang cukup besar di balik meningkatnya belanja smartphone yang dilakukan masyarakat.

Belanja smartphone secara langsung di toko ponsel masih banyak dilakukan masyarakat, seperti ketika redaksi berkunjung ke wilayah pasar Roxy Mas. Masih banyak pengunjung yang datang lansung ke toko, bahkan tak sedikit memanfaatkan waktu kerja untuk bisa langsung datang melihat produk di toko penjual.

smartphone lokal (1)

“Kebetulan sih kantor dekat sini dan kebetulan ada yang mau dibeli, jadi mampir. Seneng sih belanja online, tapi untuk beberapa produk aja. Tapi kalau untuk beli smartphone, mending belanja smartphone secara offline deh. Soalnya bisa liat barang langsung, di test, kalau rusak atau ada cacatnya komplainnya gampang, gak repot,” jelas Ningsih, salah satu pengunjung kepada redaksi arenalte.com.

Pun demikian, ia menjelaskan internet memang sangat membantu bahkan untuk belanja smartphone secara offline ini. Dirinya mengakui, sebelum datang langsung ke toko ponsel fisik ia terlebih dahulu mencari informasi di internet tentang produk, spesifikasi, hingga harga.

Di area toko Roxy Mas sendiri, banyak pengunjung mengaku langsung datang ke toko dan melihat produk adalah cara untuk menghindari penipuan yang kerap terjadi saat belanja online. Selain itu, beberapa juga menyebutkan bahwa dengan belanja offline, bisa melihat langsung promo dan hadiah yang diberikan berkualitas baik atau buruk.

Di balik semua alasan yang ada tentang belanja offline smartphone, berikut kami berikan alasan dan waktu yang tepat untuk berbelanja smartphone saat ini.

Bonus

Bonus memang kerap menjadi alasan banyak orang untuk berbelanja dua kali. Bahkan tak jarang yang menyebutkan bahwa lebih tertarik berbelanja karena ada bonus. Di area Roxy Mas sendiri, tak sedikit orang pasti akan menanyakan bonus yang didapat sebelum membeli smartphonenya. Dan jika hal itu tak ada, maka otomatis pindah toko adalah solusinya.

Saat ini, di area toko Roxy Mas bonus berupa softcase serta anti gores sudah menjadi hal standar. Anda bisa mendapatkan itu saat berbelanja Oppo F1 Selfie, Samsung Galaxy, serta beberapa produk global lainnya seperti Asus maupun LG mobile. Tak sedikit juga yang memberikan bonus berupa powerbank, dan hadiah ini biasanya diberikan dari toko yang menjual produk atau smartphone lokal yang ada, seperti halnya Evercoss. Namun juga terkadang bonus itu diberikan untuk pembelian Samsung J5, J7 serta A3 yang bisa Anda lakukan di toko Erafone.

Promo

Untuk satu ini, biasanya datang dengan dua macam cara baik itu diberikan potongan harga maupun promo cicilan. Namun terkadang, di beberapa toko yang ada di Roxy Mas promo cicilan yang diberikan kepada pelanggan biasanya akan menggandeng pihak ketiga seperti halnya leasing. Selain itu, promo juga diberikan dengan beberapa syarat. Terkadang promo ditawarkan hanya khusus kepada pembeli yang memegang kartu kredit dari bank tertentu, ditawarkan dengan cicilan bunga 0% dan tempo pelunasan dalam kurun waktu 2 tahun.

Diskon Harga

Diskon atau potongan harga yang diberikan kepada pembeli oleh penjual, memang tidak selalu untuk semua produk. Namun, besarnya potongan ini juga seperti mempengaruhi minat beli masyarakat menjadi besar. Seperti halnya yang dialami oleh toko Star Cell, yang mengakui bahwa potongan ini seperti magnet untuk pengunjung.

Laila, salah satu penjaganya menyebutkan bahwa hal itu sangat terasa ketika menawarkan potongan harga yang diberikan kepada pembeli produk Oppo F1 Selfie.”Saat ini potongan harga untuk Oppo F1 Selfie, dari harga IDR3,8 juta kita kasih harga IDR3,5 juta itu udah diskon IDR300 ribu. Di dalamnya juga udah ada bonus softcase sama anti gores,” jelasnya.

Baca : 
Beredar di Toko Ponsel, Varian Google Pixel Dibanderol dengan Harga Mulai 11 Jutaan
Jajaran Smartphone Turun Harga Minggu Ke-2 November 2016

Selain itu juga, toko lain ada juga yang menawarkan potongan harga untuk Asus Zenfone 3 dengan RAM 4GB. Salah satu toko ada yang menawarkan potongan harga IDR300 ribu, padahal Asus Zenfone 3 RAM 4GB bisa dibilang adalah produk baru yang rata-rata dibanderol dengan harga IDR3,25 juta.

Seri baru

Bulan ini bisa dibilang adalah waktu yang tepat untuk berbelanja, dan khusus bagi Anda yang memang tidak ingin tertinggal akan kehadiran smartphone baru. Beberapa seri baru yang saat ini sudah ada di pasaran adalah Google Pixel, Pixel XL 32GB, Pixel XL 128GB, Motorola Moto E, Asus Zenfone 3 RAM 4GB, Xiaomi Mi-Max, Samsung J Prime series (J2, J5, dan J7), Huawei P9 Lite, Huawei P9 yang sudah bisa Anda temui dengan belanja offline smartphone.