ArenaLTE.com – Kamera masih menjadi perhatian utama para pembeli smartphone premium. Tinjauan kami di lapangan, pertanyaan seputar kamera kerap kali diajukan oleh calon pembeli. Terlebih jika pembelian di toko ponsel tradisional karena pembeli bisa langsung bertanya perihal produk kepada penjual dengan bertatap muka.

“Enaknya kalau buat smartphone di toko, kita bisa tanya ke penjual dan langsung cobain pada demo unit seperti pada fitur kamera. Karena kalau cuma lihat spesifikasi, belum tentu hasil fotonya sesuai yang dijanjikan,” jelas Hasan kepada ArenaLTE.com yang sedang membeli ponsel di kawasan ITC Roxy Mas, Jakarta. Nah, apa saja smartphone premium dengan kualitas kamera terbaik yang saat ini tersedia di pasar Tanah Air? Yuk simak rekomendasi berikut ini.

Samsung Galaxy Note 5

Samsung-Galaxy-Note-5-Lifestyle

Dari sisi tampilan, Samsung Galaxy Note 5 mengadopsi elemen desain sama yang juga dikembangkan pada Galaxy S6. Hadir dengan balutan bahan frame metal yang dibungkus dalam dua panel kaca, sehingga membuatnya terlihat elegan. Namun demikian, bukan hal ini yang menjadi senjata andalan utamanya, karena fitur kamera juga digadangkan memiliki kemampuan fotografi mobile terbaik.

Salah satu dukungan pada kamera yang menjadi unggulan pertamanya adalah optical image stabilization (OIS) menjadikannya lebih mumpuni saat menjepret gambar. Menyediakan auto mode dan manual ‘Pro’ mode. Lalu berapa resolusi yang ditanamkan smartphone premium ini? Galaxy Note 5 hadir dengan resolusi kamera utama sebesar 16MP dengan sensor lensa f/1.9 yang akan lebih banyak menyerap cahaya, sehingga hasil gambar lebih cemerlang. Sedangkan pada kamera depan, seri ini hadir dengan sokongan resolusi kamera sebesar 5MP. Dengan senjata seperti ini,  Samsung Galaxy Note 5 dibanderol IDR9 jutaan khususnya di pasar Indonesia sendiri.

Apple iPhone 6

iphone6 plus

Pernahkah Anda melihat bilboard iklan di jalan yang hanya menampilkan sebuah gambar, kemudian dibawah gambar tersebut dituliskan diambil dari kamera iPhone 6 Entah hal ini hanya sebagai bagian dari iklan atau apapun, nyatanya seri ini dapat merangsang banyak para toko merekomendasikannya. Bahkan, banderol harga IDR9,5 jutaan tetap menarik banyak minat pembeli.

Kamera iphone 6 memiliki sensor 12 megapixels, dengan kemampuan merekam 4k video, image stabilization  Integrasi fitur-fitur tersebut dipandang sudah mumpuni menunjang penjualannya dimanapun. Maka tak salah iPhone sejak awal telah dikenal jadi rujukan dalam dunia fotografi di ponsel. berkat sensor dan ketersediaan aneka aplikasi menjadikan gadget ini mampu memproduksi output foto dan video yang berkualitas tinggi.

Sebenarnya di pasar global, sudah ada seri terbaru iPhone 6S dengan kamera yang lebih mumpuni. Sayangnya, seri tersebut masih belum beredar secara resmi di Indonesia.

LG G4 Leather Case

LG-G4

Dengan banderol harga IDR 6,2 jutaan, bagi kami sendiri harga tersebut sudah seimbang dengan tawaran senajara kamera yang digunakannya. LG G4 disuplai kamera 16 megapiksel dengan f/1.8 aperture dan image sensor 1/2.6-inci.Terdapat pula kontrol manual untuk mengatur white balance, focus, brightness dan ISO. Didukung infra merah untuk urusan fokus dan image stabilization.

Kamera ini juga diungkapkan menyediakan fitur dual shot mode untuk mengambil gambar dari kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam satu frame. Selain itu, harga yang dibanderol 6 jutaan itu sudah dibekali dengan backcase dari bahan kulit yang menambah estetika desain smartphone.

Kamera di LG G4 memang sangat yahud. Namun jika Anda berminat untuk membeli smartphone premium dari LG. Kami sarankan untuk menunggu beberapa minggu lagi karena akan ada generasi terbaru LG G5 yang fiturnya lebih melimpah dan handal.

Microsoft Lumia 950 

penjualan Microsoft Lumia 950XL

Dalam jajaran ponsel berbasis Windows OS, Microsoft Lumia 950 dikenal dengan kualitas kameranya yang cukup baik. Ditanamkan kamera dengan resolusi sebesar 20MP (16:9), optic ZEISS dan image stabilization generasi ke-5. Seri ini juga diungkapkan memiliki fitur tirple LED flash sebagai tambahan lampu cahaya. Selain itu juga, pada sektor video kamera Lumia 950  bisa merekam video resolusi 4K.

Pada bagian kamera depan, disisipkan resolusi kamera tambahan dengan resolusi yang cukup untuk menopang foto selfi, atau sekedar pendukung video call belaka. Bagian ini, diisi Microsoft dengan resolusi kamera 5MP. Namun sayangnya, harga yang dibanderol masih sekira IDR8 jutaan.

HTC One M9+ (plus)

htc one m9+ (9)

Seperti pada ponsel premium yang dihadirkan HTC, seri ini juga hadir dengan kemampuan dua kamera utama. Pertama adalah kamera bersensor 20MP dengan dukungan dual tone LED flash dan kamera sekunder berkekuatan 2.1MP di atasnya yang berfungsi menangkap kedalaman (depth). Dengan kehadiran dua lensa utama ini, kamera akan memungkinkan untuk mendapatkan hasil gambar diubah masuk ke dalam efek 3D.

Namun demikian, dua lensa itu saja dirasa kurang cukup bagi HTC untuk memuaskan hasrat fotografi mobile pengguna. Pasalnya, Di bagian depan tersematkan juga kamera UltraPixel berkekuatan 4MP yang cukup mumpuni untuk mendapatkan foto selfie berkualitas. Dengan mengandalkan kekuatan kamera tersebut, HTC One M9+ saat ini dibanderol sekira IDR8,5 jutaan.
BacaReview HTC One M9+, Didukung Audio dan Kamera Mumpuni

Sony Xperia Z5 Premium

sony_xperia_z5_premium_2

Sony Xperia Z5 Premium adalah smartphone yang pertama kali mengusung display resolusi 4K pada layar seukuran 5,5 inchi. Maka tak salah jika banderol harganya yang mencapai IDR10 jutaan, karena ponsel ini juga sudah mendukung ketahanannya dalam air.

Nah, untuk mengimbanginya kualitas layarnya yang memukau Sony Xperia Z5 Premium mengandalkan sensor Exmor RS 1/2.3 inci dengan resolusi 23MP. Sementara sensor yang tertanam mengandalkan lensa Sony G dengan aperture f/2.0. Untuk selfie, spesifikasi Sony Xperia Z5 Premium di sektor kamera berkekuatan 5MP dengan sensor Exmor R sudah ditancapkan di sektor depan bodi. Mendukung lensa 25mm wide-angle dan bisa merekam video 1080p video.