ArenaLTE.com – Memasuki Januari 2017  yang sudah menginjak Minggu ke-2, industri smartphone belum disesaki dengan banyak produk baru. Pun demikian, alasan tersebut bukan hal tepat untuk menyatakan tidak mengganti smartphone Anda. Berdasarkan riset pasar yang kami lakukan, banyak dari penjual maupun pembeli yang mengungkapkan bahwa smartphone 3 jutaan adalah pilihan tepat untuk mengganti smartphone baru.

Seperti yang diutarakan Hasan, salah satu karyawan yang berada di sekitar area Roxy Mas di sela waktu istirahat siangnya. ”Smartphone 3 jutaan adalah harga yang masih pantas dan terbilang cukup baik untuk membeli smartphone berkualitas, meski pun fitur yang diadopsinya terasa tanggung,” ujar Hasan.

Menurutnya, smartphone 3 jutaan saat ini sudah cukup memiliki fungsi yang bisa menjadikannya multifungsi, karena beberapa diantaranya memiliki spesifikasi mumpuni. Banyak dari jajaran smartphone ini sudah dibekali dengan prosesor dan memori RAM besar, sehingga kegiatan multitasking perangkat selalu berjalan mulus.

Hal demikian selaras dengan yang disampaikan Abdul, smartphone 3 jutaan saat ini memang banyak dipilih. Karena spesifikasi yang dimilikinya pun tidak main-main, seperti halnya kamera, prosesor, dan terutama kapasitas memori RAM yang sudah besar.”Konsumen sekarang sudah pintar-pintar mas”.

Daftar 10 Smartphone 3 Jutaan Terlaris Pekan Ini

1. Oppo F1S

Saat awal dirilis, Oppo F1S memang dilepas dikisarkan harga IDR3,8 juta. Namun, seiring berjalannya waktu harga untuk produk yang satu ini, mulai berangsur turun menjadi IDR3,5 juta. Hal itu pun menjadikannya banyak diburu pembeli, harga tersebut diungkapkan sudah sepadan bahkan menguntungkan dari sisi spesifikasi yang dimilikinya.

Oppo F1s Oktober 2016

Seperti diketahui, seri ini membawa kamera depan dengan besaran mencapai 16MP dan kamera belakang 13MP plus ditambah dengan fitur pendukung di dalamnya. Soal dapur pacu, Oppo F1s dilengkapi dengan prosesor 64-bit Octacore dengan RAM sebesar 3GB dan memori internal sebesar 32GB.

Dengan mekanisme baru triple-slot tray, pengguna dapat memperbesar kapasitas penyimpanan hingga 128GB sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan kapasitas. Selain itu, pengguna juga diberikan keleluasaan untuk mengatur kartu telepon dan internet dengan hadirnya dua slot kartu SIM 4G LTE.

2. Oppo F1

Seri kandung dari keluarga seri F keluaran Oppo adalah F1. Salah satu smartphone selfie yang juga makin banyak dicari, belum lagi harga yang ditawarkannya kini sudah mulai berangsur turun karena adanya banyak promo yang diberikan perusahaan. Di pasaran hingga saat ini Anda bisa mendapatkannya dengan harga di kiraan IDR3,1 jutaan, bahkan untuk harga bekasnya pun masih cukup tinggi sekira IDR2,5 juta.

Oppo F1 (5)

Oppo mengklaim jika F1 sudah punya fitur Screen Flash Selfie yang memang sudah jadi andalan sejak ColorOS 2.1 digulirkan pada Mei 2015. Fitur ini memastikan selfie yang kurang cahaya jadi terlihat terang dan alami menggunakan cahaya layar ponsel. Fitur lainnya, kita bisa selfie cukup dengan melakukan gesture tangan atau perintah suara ‘cheese’. Makanya, pantas dong smartphone IDR3 jutaan paling banyak direkomendasikan pedagang adalah Oppo F1.

3. Vivo V5

warna dan Brand Ambassador baru VIVO V5

Di peringkat kedua dari jajaran smartphone yang paling banyak diburu konsumen lain, sekaligus menjadi produk yang paling sering ditawarkan para penjaga toko ponsel adalah Vivo V5. Produk baru yang dibanderol dengan kisaran harga IDR3 juta ini, rupanya pun disambut baik oleh pengunjung. Rata-rata produk ini diakui para juga paling sering keluar (terjual), dan lainnya pun diungkapkan tidak repot menjualnya karena kebanyakkan konsumen sudah mengetahui sendiri kemampuan dan spesifikasi Vivo V5.

4. Samsung Galaxy J7 4G

Galaxy-J7-desain

Untuk para pecinta Samsung, terutama para pencari ponsel IDR3 jutaan pastinya akan segera menanyai keluarga seri Galaxy J yang satu ini. Makanya, ketika kami melakukan koreksi pasar dan menanyakan ponsel Samsung dikelas menengah yang paling banyak dicari, pastinya para penjual menunjukkan  Galaxy J7 4G. Selain dukungan konektivitas yang sudah LTE, alasan lain para pembeli memilih ini adalah karena merek Samsung yang diungkapkan sudah cukup familiar terdengar.

5. Asus Zenfone 3 Laser

kamera Asus ZenFone 3 ZE552KLSemenjak kemunculan nama Asus di ranah smartphone, banyak para pengunjung Roxy Mas pastinya menanyakan seri terbaru dari keluarga Zenfone. Tetapi sayangnya, seri terbaru yang dihadirkan produsen rata-rata kurang diminati pembeli. Tentu alasannya tak lebih adalah karena harganya yang memang belum pas dikantong pembeli. Asus Zenfone Laser 3 dengan RAM 4GB adalah salah satu produk yang sering ditawarkan, bahkan bagi para Zenfone mania tentunya produk ini sudah dikenal.

6. Lenovo Vibe P1 Turbo

Lenovo Vibe P1 Turbo

Meski terdengar kurang bergaung di pertokoan ponsel yang ada di bilangan Jakarta Barat itu, tak menutup nama Lenovo pun turut diincar banyak pengunjung. Namun sayangnya, sering mereka lupa dengan nama seri produk yang akan dibelinya dan hanya menyebutkan nama global saja. Saat ditanya seperti itu, tentunya Lenovo Vibe P1 Turbo yang akan ditawarkan para penjaga toko karena fitur unggulan di dalamnya diungkapkan memiliki kapasitas baterai yang besar.

7. Lenovo Vibe Shoot 

lenovo-vibe-shot-2

Smartphone yang saat ini dijadikan sebagai perangkat multimedia berkualitas, tentunya akan menyaratkan kekuatan kamera yang mumpuni hadir di dalamnya. Lenovo Vibe Shoot adalah produk yang dari kalangan menengah di level harga IDR3,3 juta akan menjadi pilihan yang direkomendasikan.

8. Sony Xperia M4 Aqua

sony xperia m4 aqua upgrade ke Android Marshmallow

Sony memang sudah jarang terdengar lagi, namun nama besarnya tetap masih diingat kuat oleh banyak pencintanya di Tanah Air. Terlebih produk yang dihadirkannya selalu menawarkan kekuatan akan bertahan dari cipratan air dan debu, maka tak salah Xperia M4 Aqua adalah produk yang paling dijagokan pedagang. Dilepas pada level harga IDR3,3 juta seri ini menjadi produk kelas menengah murah yang dirumorkan memiliki ketangguhan pada penggunaan basah-basahan.

9. LG X Cam (K580)

LG x cam 3

LG sepertinya harus lebih menggaungkan kembali nama seri LG X Cam ini. Pasalnya, jika produk ini tidak dipajang atau ditawarkan oleh para pramuniaga di toko, tentunya kami rasa produsen ini akan kesulitan untuk melariskan LG X Cam. Padahal, di level harga smartphone IDR3,3 jutaan, LG X Cam bisa dibilang cocok untuk dipilih, karena selain nama yang sudah cukup dikenal spesifikasi dan fitur di dalamnya pun sering menjadi hal yang paling diperhitungkan, seperti contohnya kunci layar dengan mengetuk dua kali, gesture membuka kunci dan perintah pengambilan suara untuk memotret.

10. Xiaomi Mi-5

xiaomi mi 5 dan Xiaomi Mi 4s

Sebenarnya sejak nama Oppo mulai membesar di Tanah Air, nama Xiaomi sepertinya tenggelam di pasaran ponsel Roxy Mas. Ya, walaupun masih ada banyak orang yang menanyakan produk ini, namun sayangnya banyak pedagang yang tidak merekomendasikan langsung. Banyak yang menyebutkan bahwa layanan purna jual dari pendatang ini kurang memuaskan, masih terbatas dan sering disebutkan sulit untuk melakukan klaim. Pun demikian, Xiaomi Mi-5 sebagai produk terbarunya yang hadir di level harga IDR3,2 juta dengan tawaran RAM 3GB dan dukungan 4G masih bisa jadi perhitungan untuk membelinya.