arenaLTE.com, San Francisco – Pada perhelatanWorldwide Developer Conference 2015 (WWDC) di San Francisco 8 Juni lalu, Apple memperkenalkan layanan music treaming mereka sendiri, Apple Music.

Apple Music pada dasarnya adalah kombinasi dari iTunes, Spotify, Pandora, dan unsur-unsur social media layaknya Tumblr dan Instagram – bersama dengan saluran radio streaming yang disebut Beats 1, diawaki oleh DJ radio kenamaan dunia seperti  Zane Lowe.

“Kami sudah memiliki hubungan panjang dengan musik,” ujar CEO Apple Tim Cook. “Dan musik melewati banyak perubahan dalam sejarah, beberapa di antaranya kami telah memainkan bagian dalam perubahan tersebut.”

Apple Music memungkinkan pengguna untuk mencari dan streaming jutaan lagu dari iTunes, dengan playlist yang dikurasi oleh pengamat musik. Selain itu ada juga Apple Music Connect, platform sosial yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan musisi dan berbagi lagu-lagu dan album favorit mereka melalui Facebook, Twitter, iMessage dan email. Apple berharap bahwa Apple Musik Connect akan membantu tidak hanya artis besar, tapi juga musisi non-mainstream untuk lebih mudah mempromosikan musik mereka dan berinteraksi dengan fans mereka.

Untuk mendaftar layanan ini, pengguna akan dikenakan $ 9.99 per bulan ($15 sebulan untuk family plan berisi 6 pengguna), atau sekitar Rp 100.000, dengan masa percobaan gratis selama tigabulan. Apple mengatakan layanan musik baru mereka ini akan tersedia pada 30 Juni pada perangkat iOS dan pada platform Android di bulan September.