ArenaLTE.com – Meski iPhone 5C tidak mendapat respon positif dari konsumen, Apple tetap bersikukuh membuat suksesornya. Rumor yang beredar memberitakan “iPhone 6C” akan diluncurkan sebelum akhir 2015. Kantor berita China Times (19/8/2015) mengonfirmasi kabar tersebut bahwa Apple akan merilis iPhone 6C bersamaan dengan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus pada bulan September ini.

Namun jika iPhone 6S dan iPhone 6S Plus akan dijual pada September, iPhone 6C kemungkinan akan dipasarkan pada bulan November mendatang. Karena pabrik-pabrik Foxconn kini tengah sibuk menyatukan seluruh smartphone premium apple yang bakal rilis.

Kabar tersebut juga diperjelas oleh bocoran dari pihak distributor Apple, bahwa saat ini Foxconn telah menambahkan pekerja untuk lini perakitan dengan maksud untuk mempersiapkan produksi iPhone 6C.

Rumor seputar iPhone 6C memang sudah beredar cukup lama. Pada bulan Maret, terdapat sebuah bocoran gambar yang konon adalah casing iPhone 6C warna merah muda. Ini menunjukan bahwa Apple masih ingin merilis versi murah untuk iPhone 6-nya.

Setelah itu pada bulan Mei, Apple secara tidak sengaja mengunggah gambar docking pengisian khusus untuk 5C dan di atasnya. Terdapat sebongkah iPhone berbahan plastik dengan pemindai sidik jari Touch ID. Karena 5C tidak memiliki sensor sidik jari, hal ini menimbulkan spekulasi baru tentang iPhone 6C.

 

Spesifikasi iPhone 6C secara umum kemungkinan tidak akan banyak berubah dibanding pendahulunya iPhone 5C. Seperti ukuran layar yang masih 4 inchi dan desain yang sama. Selain itu ada peningkatan performa dengan memakai prosesor A8 yang diperkuat M5 motion co-processor dan dual LED Flash. Hal yang baru di iPhone murah ini adalah kemungkinan akan dibenamkannya fitur Touch ID dan NFC yang mendukung Apple Pay untuk transaksi.

Nah, apakah iPhone 6C akan mengalami nasib yang sama dengan pendahulunya? Sudah semestinya Apple mengambil pelajaran dari kegagalan masa lalu dengan menyiapkan serangkaian amunisi agar iPhone 6C bisa sesukses keluarga iPhone lainnya.