Berapa banyak aplikasi smartphone yang telah Anda install? Tentu saja berbeda-beda setiap orang. Nah, ada penelitian baru pada perilaku konsumen terhadap perangkat seluler. Hasilnya menunjukan bahwa konsumen saat ini menghabiskan lebih dari 85 persen dari waktu mereka pada smartphone dengan menggunakan aplikasi asli. Tetapi sebagian besar hanya menggunakan paling banyak 5 aplikasi smartphone secara rutin.

Kelima aplikasi smartphone akan bervariasi dari orang ke orang. Bagi beberapa orang, mencakup media sosial atau gaming, sementara yang lain mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di instant messaging. Data baru pada penggunaan aplikasi ini berasal dari sebuah studi Forrester Research yang menganalisa 2.000 pemilik smartphone di Amerika Serikat. Penelitian ini untuk lebih menentukan bagaimana pengguna terlibat dengan aplikasi smartphone yang mereka miliki. Menurut temuan ini, komunikasi dan aplikasi sosial memberikan penggunaan yang paling banyak- dengan gabungan 21 persen dari total waktu penggunaan smartphone.

Tren ini juga berarti bahwa hanya segelintir kecil perusahaan mendominasi penggunaan aplikasi konsumen. Facebook, misalnya, menyumbang 13 persen dari total waktu penggunaan konsumen, diikuti oleh Google di angka 12 persen.

Berdasarkan data ini dan temuan lainnya, Forrester menyarankan perusahaan app developer untuk merancang aplikasi mereka hanya untuk memuaskan kebutuhan target market mereka dantidak berusaha mengincar semua orang. Dengan demikian, developer bisa memelihara pelanggan tetap mereka, karena toh hanya ada 5 app yang dibuka orang secara sering.