ArenaLTE.com – Maraknya tindak kejahatan, membuat pihak kepolisian melakukan berbagai cara untuk melakukan penanggulangan. Salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya yang memanfaatkan tren teknologi smartphone dengan merilis aplikasi Siaga Reserse.

Aplikasi darurat ini dirancang untuk mempermudah masyarakat melaporkan tindakan kejatahan. Siaga Reserse memiliki fitur tombol ‘Lapor’ yang menjadi sistem pelaporan tercepat bila seseorang mengalami tindak kejahatan dan membutuhkan aksi penanganan cepat dari kepolisian.

Masyarakat yang melaporkan tindak kejahatan melalui aplikasi itu akan terhubung ke server Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Selanjutnya petugas piket yang siaga 24 jam akan meminta data pelapor tersebut. Lewat sistem koordinasi di internal, maka petugas kepolisian terdekat akan mendatangi tempat kejadian perkara untuk menangani aksi kejahatan itu.
Pihak kepolisian menyebut bahwa dalam waktu sepersekian detik operator segera menghubungi pelapor untuk memverifikasi laporan yang masuk.

Tampila aplikasi Siaga Reserse (Foto: Kompas.com)
Tampila aplikasi Siaga Reserse (Foto: Kompas.com)

Guna menjamin tingkat akurasi data yang masuk, masyarakat yang mengunduh aplikasi itu diwajibkan mengisi biodata diri sesuai kartu tanda penduduk (KTP) dan mencantumkan nomor telepon selular. Nanti untuk verifikasi masyarakat harus mengisi NIK, nama, alamat, golongan darah, nomor telepon alternatif, isi data kerabat, nomer telepon kerabat dan hubungan kerabat.

Dengan informasi yang lengkap, maka petugas polisi yang terdekat dari lokasi kejadian dapat merespon langsung. Nantinya setiap pelapor bisa mengunggah foto kejadian beserta keterangannya. Selain itu, wajah pelapor juga bisa terekam di kamera depan yang ada di ponselnya dan akan terkirim ke server pusat.

“Saya harapkan dengan aplikasi ini polisi lebih cepat mendatangi TKP. Sehingga lebih sedikit memakan waktu, yang tadinya 10 menit bisa hanya 6 menit,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rudy Heriyanto Adi Nugroho, dikutip dari Kompas.com (14/9/2016).

Adanya aplikasi ini tentu menjadi angin segar bagi warga DKI Jakarta, hanya saja jangan harap Siaga Reserse bisa diunduh hari ini. Menurut rencana, aplikasi Siaga Reserse dapat diunduh masyarakat secara gratis melalui Google Play Store pada akhir September nanti.