ArenaLTE.com – Prosesor basis ARM (Advanced Risc Machines) yang biasanya digunakan dalam perangkat mobile, diakui para peneliti perangkat bahwa otak inti dari mesin komputasi ini memiliki efisiensi tinggi. Melihat akan kemampuan perangkat, prosesor ARM ini dikabarkan akan juga dihadirkan untuk industri komputasi server dikenalkan dengan nama AMD Opteron A1100 SoC.

“Ekosistem untuk ARM di pusat data mendekati titik perubahan dan sebagai pelengkap prosesor berkinerja tinggi AMD merupakan langkah maju yang tegas bagi pelanggan yang mencari solusi pusat data kelas ARM,” ujar Scott Aylor, corporate vice president and general manager, Enterprise Solutions, AMD, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Menurutnya, tren konvergensi makro antara jaringan, penyimpanan, dan server merupakan katasli penting dalam sebuah evolusi perangkat komputasi. Kehadiran piranti tersebut diharapkan bisa membantu pengguna dalam mengakses ke program 64-bit, sehingga bisa memberikan pengalaman dan tugas yang cukup optimal di kalangan pengguna Enterprises atau perusahaan.

Produsen semi konduktor asal Amerika ini, mengklaim bahwa AMD Opteron A1100 SoC mampu merepresentasikan kekuatan pengolahan sistem penggunaan ARM di pusat data, “Prosesor AMD Opteron A1100 membawa pilihan baru dalam skalabilitas di seluruh infrastruktur jaringan dan pusat data,” tambah Lakshmi Mandyam, director of server systems and ecosystems, ARM.

AMD Opteron  A1100 Series SoC adalah platform 64-bit pertama berbasis ARM Cortex-A57 dari AMD. Memanfaatkan prosesor ARM Cortex-A57 dengan jaringan dan konektivitas penyimpanan berkecepatan tinggi serta efisiensi energi yang luar biasa, AMD Opteron A1100 Series SoC memberikan total biaya kepemilikan yang seimbang untuk penyimpanan, web dan beban kerja jaringan.

Perusahaan juga mengungkapkan, AMD telah berkolaborasi dengan Silver Lining Solutions (SLS) untuk mengintegrasikan teknologi fabrikasi SLS (komputasi modular) dalam desain Server solid yang inovatif pada Opteron A1100 Series yang akan segera dirilis resmi.

Proseso ini juga ditargetkan bisa memenuhi kebutuhan streaming, web, dan beban kerja storage untuk cloud dan pusat data hyperscale. SLS Fabric Interconnect menggabungkan latensi rendah, transfer data 60Gbps yang hemat energi, dan tersedia sebagai PCI Express® expansion card atau modul ASICstandalone untuk aplikasi server kustom.

Perusahaan juga mengungkapkan spesifikasi tinggi AMD Opteron A1100 Series SoC yanga akan diluncurkan, seperti :

  • Memiliki hingga 8 core ARM Cortex-A57 denganjumlah Cache Level 2 4MB dan Cache Level 3 8MB
  • Mendukung 2x 64-bit DDR3/DDR4 channelshingga 1866 MHz dengan ECC
  • Konektifitas jaringan Ethernet 2x 10Gb
  • 8-lanePCI-Express® Gen 3
  • 14 SATA-3 ports