7 Fungsi Unik Smartphone Yang Tak Kita Duga

ArenaLTE.com - Smartphone, tak disadari telah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Alasannya karena fungsi unik smartphone yang tidak hanya berguna untuk sekedar menjawab dan menerima panggilan saja, namun sebagai penunjuang aktifitas sehari-hari.

Beberapa fungsi unik smartphone yang selama ini kita lakukan diantaranya untuk memainkan games, menonton film, mengelola email, kirim pesan, menelepon, bersosial media, internetan, mendengarkan musik, memotret dan selfie, merekam video, berbisnis online, belanja online dan masih banyak lain menfaat yang kita bisa peroleh dari smartphone.

Namun beberapa hal yang disebutkan diatas merupakan hal lumrah dan biasa dilakukan oleh para pengguna smartphone sekarang ini. Ternyata ada beberapa fungsi unik smartphone lainnya yang tidak kita duga selama ini. Berikut ini beberapa fungsi unik smartphone lainnya yang jarang dilakukan oleh para pengguna smartphone (mungkin karena belum banyak yang tahu) dan ternyata sudah bisa dilakukan oleh smartphone dalam genggaman kita.

Menjadi alat pelacak kondisi keuangan


smartphone-money-shutterstock-510pxDengan smartphone, kita bisa mengontrol dan mengendalikan status keuangan kita, mulai dari pendapatan hingga pengeluaran yang kita lakukan agar lebih efisien dan tidak kebobolan. Ada banyak aplikasi keuangan tersedia di toko aplikasi untuk kita install dan manfaatkan untuk melacak keuangan kita setiap hari. Aplikasi ini bisa diatur dan disesuaikan dengan pengeluaran rutin kita sehari-hari dan mengingatkan kita jika ada pengeluaran yang tak terduga.

Sebagai Alat pendeteksi Detak Jantung


galaxy-s5-heart-rate-sensorAkhir-akhir ini ada banyak orang yang datang cek-up ke rumah sakit hanya untuk mendeteksi detak jantung mereka, padahal semuanya bisa dilakukan menggunakan smartphone dalam genggaman tangan kita. Tahukah kalian, ternyata lampu flash yang ada pada kamera smartphone kita bisa berfungsi ganda untuk mendeteksi detak jantung kita. Caranya cukup letakkan jari pada lampu flash tersebut dan nyalakan lampu flash tersebut dalam beberapa detik, ada banyak aplikasi yang bisa mendeteksi detak jantung kita dengan smartphone.

Fungsi Unik Smartphone Sebagai Pendeteksi Bocor


Flir-One-image-002Ketika musin hujan tiba, akan sangat penting untuk memastikan jendela rumah kita tertutup aman dan rapat untuk menghindari percikan air hujan yang masuk kedalam rumah. Jika kesulitan mencari kebocoran yang terjadi pada jendela rumah kita, gunakan smartphone untuk memeriksanya. Kita bis merubah smartphone menjadi sebuah mesin detektor (thermal imaging camera) menggunakan tambahan seperti FLIR ONE thermal imaging camera. Cara ini dijamin akan lebih mudah untuk medeteksi kebocoran yang terjadi baik itu pada jendela, atap, tembok dan juga lantai.

Alat Scanner Barcode atau QR code


barcodeSaat kita belanja, smartphone kita juga bisa menjadi penyelamat dengan mengaktifkan fungsi scanner barcode atau QR code. Caranya hanya cukup mengarahkan kamera smartphone ke barcode atau QR code sebuah produk yang akan kita beli dan kemudian akan muncul semua informasi detail dari produk tersebut sebelum kita membelinya.

Alat Penerjemah Bahasa


translateIni dalah salah satu fungsi unik smartphone yang jarang diketahui. Jika kalian berada disebuah negara dengan bahasa yang tidak kita mengerti, fungsi penerjemah bahasa dalam smartphone akan sangat membantu. Tak perlu lagi repot-repot mengetikkan kata yang ingin diterjemahkan, cukup arahkan kamera pada tulisan dan otomatis akan diubah bahasanya sesuai dengan keinginan kita. Atau bisa juga gunakan penerjemah menggunakan suara untuk kita dengarkan terjemahannya.

Mesin Perekam Suara


-voice-recorder-1Jika kita membutuhkan perekam suara dengan kualitas yang baik maka kita akan membutuhkan sebuah microphone berkualitas. Ternyata smartphone sudah memiliki internal Mic yang sangat baik dan bisa digunakan untuk merekam suara dengan kualitas yang tak kalah prima. Untuk meningkatkannya bisa gunakan beberapa aplikasi perekam suara yang tersedia di toko aplikasi seperti WO Mic yang mampu meningkatkan kemampuan Mic dalam smartphone sekaligus menghubungkannya melalui USB, Bluetooth atau WiFi.

Sebagai Remote Perangkat Lain Di Rumah


remoteAda berapa remote control dirumah kita? Pasti lebih dari satu, remote TV, remote AC, remote kipas, remote DVD player, remote decorder TV kabel dan berbagai remote perangkat elektronik lainnya dalam rumah. Akan sangat repot jika salah satu remote hilang entah dimana. Padahal, kita bisa jadikan smartphone sebagai sebuah remote universal semua perangkat eektronik dalam rumah kalian, cukup instal aplikasi remote seperti Peel Smart Remote untuk mengubah smartphone sebagai remote universal di rumah.

Leave a Comment