10 Perusahaan Startup Paling Dicari Pencari Kerja di Indonesia

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - Perkembangan teknologi dan pertumbuhan pasar digital di Indonesia membuka banyak peluang bagi perusahaan startup (perusahaan rintisan) berbasis digital untuk berkembang. Dari sisi pasar tenaga kerja, kemunculan startup juga membuka kesempatan yang lebih luas bagi para pencari kerja. Meski masih ada pandangan bahwa startup merupakan perusahaan yang belum mapan, namun perusahaan startup mulai menarik perhatian para pencari kerja.

Beberapa hal yang menjadi daya tarik perusahaan startup antara lain, budaya perusahaan, gaji dan tunjangan, serta jenjang karier yang lebih baik daripada yang ditawarkan oleh korporasi. Beberapa jenis startup yang diyakini akan berkembang adalah startup yang bergerak dalam bidang e-commerce serta on-demand service yang menghubungkan orang dengan layanan jasa melalui aplikasi, seperti Go-Jek.

Hal tersebut merupakan hasil analisis yang dilakukan oleh Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Jobplanet mengklasifikasikan startup sebagai perusahaan yang menjalankan bisnis berbasis Internet, bergerak dan berkembang dengan cepat, serta memiliki ceruk pasar yang khusus. Ada sepuluh startup yang menarik perhatian pencari kerja di awal tahun 2016.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Jobplanet, di awal tahun 2016, PT Tokopedia masih menjadi perusahaan startup yang paling dicari informasinya oleh pengguna Jobplanet, yakni sebanyak 31,73%. Menempati posisi lima besar di belakang Tokopedia adalah PT Bukalapak.com (13,54%), PT Go-Jek Indonesia (10,54%), PT Global Digital Niaga atau Blibli.com (7,30%), dan PT ECart Services Indonesia atau Lazada (6,68%).

Startup lainnya yang juga menarik perhatian pengguna adalah PT Traveloka Indonesia (4,64%), PT Kreatif Media Karya atau KMK Online (3,62%), OLX Indonesia (2,76%), PT Fashion EServices Indonesia atau Zalora (2,76%), dan PT Bhinneka Mentari Dimensi atau Bhinneka.com (2,28%).

Informasi tersebut disusun berdasarkan data mengenai jumlah pageviews atau kunjungan ke laman-laman berisi profil dan review berbagai startup di website Jobplanet selama bulan Januari 2016. Hingga akhir Januari 2016, sebanyak 51 startup digital telah terdaftar di website Jobplanet, di mana total kunjungan ke laman seluruh startup tersebut mencapai sekitar 45.000 pageviews.

“Dari seluruh kunjungan tersebut, sebanyak lebih dari 85% ditujukan ke laman-laman berisi profil dan review milik sepuluh startup di atas saja. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Jobplanet, yang juga merupakan pencari kerja, merasa penasaran dan ingin mengetahui seluk-beluk bekerja di startup-startup tersebut,” ujar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Leave a Comment