Layanan 4G LTE atau Long Term Evolution yang memungkinkan akses Internet super cepat sudah mulai digeber di Indonesia. Bayangkan, dengan layanan ini, kecepatan bisa melesat hingga 150 Mbps. Sementara layanan sebelumnya yang berbasis 3G/HSDPA atau 3G hanya bisa ngebut sampai 14 Mbps.

Pengujian yang pernah dilakukan ArenaLTE.com mencatat, jika kecepatan rata-rata 4G LTE operator bisa mencapai 5-20 Mbps. Wow! Sementara dengan 3G, idealnya mendapatkan kecepatan 1 Mbps saja sudah bagus.

Kalau biasanya akses Internet sering putus, kurang mulus, atau lemot saat memakai layanan 3G, maka dengan layanan 4G LTE kita tidak akan terganggu lagi karena Internetnya lebih gesit. Mau tahu seberapa cepat akses perbandingan layanan 4G LTE dengan kecepatan 3G?

Sekadar ilustrasi saja, untuk men-download game 30 MB dengan layanan 3G, umumnya butuh waktu 22 detik. Sementara itu, dengan layanan 4G hanya 4 detik saja. Buat loading streaming musik memakai 3G rata-rata butuh 15 detik, tapi dengan 4G cukup 1 detik.

Layanan 4G yang dihadirkan operator sudah mulai komersial sekarang. Kini, yang jadi masalah adalah keberadaan handset atau perangkatnya. Setahun lalu, memang agak sulit mencari smartphone 4G LTE dengan harga terjangkau, ditambah rata-rata banderolnya masih selangit. Tapi, sekarang tak perlu khawatir karena sudah banyak gadget 4G yang harganya terjangkau. Nah, salah satu smartphone branded dengan harga terjangkau yang bisa Anda jumpai di pasaran adalah Samsung Galaxy J2.

Bukan apa-apa sih, Galaxy J2 ini harganya terjangkau banget, gak sampai IDR 2 juta. Buat kantong anak muda cocok banget. Buat akses 4G sepertinya juga lebih asik karena sudah punya dukungan multi band. Banyak lho smartphone lain yang harganya beda-beda tipis, tapi cenderung terbatas band-nya, alias hanya bisa dipakai buat akses 4G operator tertentu saja.

Galaxy J2

 

Streaming Lancar

Meskipun harganyanya affordablesmartphone ini bisa menerima dan mengirim data 4G LTE melalui spektrum frekuensi yang disediakan semua operator telekomunikasi di Indonesia. Jarang lho, smartphone harga terjangkau punya kemampuan seperti ini.

Ini dia sedikit informasi teknisnya, Samsung Galaxy J2 mendukung 4G FDD-LTE band 1 (2.100 MHz), 3 (1.800 MHz), 5 (850 MHz), 8 (900 MHz), 20 (800 MHz), dan 4G TDD-LTE band 40 (2.300 MHz). Soal kecepatan, Galaxy J2 mengandalkan LTE Cat. 4 yang memiliki kecepatan download 150 Mbps dan upload 50 Mbps.

Informasi di atas mungkin agak rumit ya? Tapi intinya, smartphone ini sangat fleksibel karena bisa dipakai mengakses Internet menggunakan layanan 4G LTE yang disediakan semua operator. Tinggal pilih saja. Buat streaming video, Anda biasanya harus menunggu waktu buffering sampai 40 detik. Nah, dengan layanan 4G hanya 3 detik saja, video sudah nongol. Browsing multimedia dengan 3G biasanya butuh 10 detik dan kadang-kadang tidak mulus, kalau dengan 4G tak sampai 3 detik lho.

Jadi Lebih Narsis

J2_camera_2Dengan koneksi 4G yang ngebut, buat Anda yang gemar upload konten video narsis di YouTube sepertinya tak perlu menunggu lama-lama lagi deh. Kalau dulu, saking bosannya nunggu upload sukses harus bikin kopi dulu, tidur siang dulu, atau main game dulu. Sekarang, baru dua-tiga kali kedip mata saja tahu-tahu video sudah nongol di YouTube.

Uploading foto di Facebook lewat gadget biasanya harus menunggu sekitar 25 detik. Sekarang, 5 detik saja, foto sudah langsung bisa dilihat temen-temen. Oh ya, Samsung Galaxy J2 juga bisa dipakai ngerekam video dengan kualitas bagus.

Smartphone ini punya kamera yang cocok buat dipakai selfie dan upload foto-foto bagus di Instagram atau Path. Kamera belakangnya punya aperture f/2.2 dengan resolusi 5 MP plus autofocus. Kamera depan yang biasa dipakai selfie punya resolusi 2 MP fixed focus, aperture/2.2. Pokoknya, kualitas foto selfie memakai Galaxy J2 oke lah. Kita pun tidak akan ketinggalan momen karena bisa akses cepat ke kamera dengan manfaatkan fitur Quick Launch. Caranya, cukup tekan dua kali tombol Home. Jadi, sekarang saatnya Anda menciptakan foto-foto kreatif!

Enaknya lagi, semua foto dan video kelihatan lebih natural, realistis, dan jernih di layar seluas 4,7 inci. Layar Super AMOLED yang ditanamkan di Galaxy J2 merupakan salah satu teknologi display dengan kualitas terbaik di dunia. Ngehits banget!

Hiburan dan Komunikasi Makin Nyaman

Samsung Galaxy J2Sesibuk apa pun, Anda tetap butuh hiburan kan? Nah, Samsung Galaxy J2 bisa mengakomodasi kebutuhan ini. Soal game, musik, dan video offline atau yang sudah terinstal dan ada dalam smartphone sudah biasa dong. Tapi, dengan dukungan jaringan 4G LTE dalam Galaxy J2 ini, fasilitas seperti game, musik, dan video makin asik dan seru lho.

Penggemar game online seperti Clash of Clans? Jangan khawatir permainan terhenti tiba-tiba atau loading lama gara-gara Internet seret. Atau Anda doyan mendengar musik online dan nonton video streaming? Semuanya wuss, wuss, wuss, lancar tanpa gangguan berkat jaringan 4G LTE.

Semua jalur komunikasi yang tersedia juga jadi benar-benar optimal cukup memakai Samsung Galaxy J2. Selain telepon, SMS, dan chatting yang sudah umum kita pakai sebagai sarana komunikasi, kini kita juga bisa menikmati video chat tanpa gangguan lho. Mau ngobrol lewat Whatsapp, video chat di Line atau Skype semuanya aman. Kok bisa? Dengan kecepatan 5-20 Mbps dijamin tidak akan putus-putus.

Kesimpulannya Apa Dong?

Ternyata, sekarang tidak perlu lagi handset mahal untuk bisa menikmati Internet super ngebut. Banyak smartphone affordable yang sudah tersedia di pasaran, salah satunya Samsung Galaxy J2. Bahkan, nyaris semua aktivitas bisa dilakukan dengan perangkat yang satu ini.

Samsung Galaxy J2 bisa mewakili kebutuhan anak muda yang gemar bereksperimen dengan meng-upload konten video kreatif di YouTube. Juga cocok buat Anda yang lebih suka beraktivitas di sosial media seperti Facebook, atau bagi yang gemar upload foto berkualitas di Path dan Instagram. Bahkan, bisa dipakai buat hal yang lebih produktif seperti menjalankan bisnis via e-mail atau toko online.

galaxy-j2-balon

Comments

  1. Lagi googling tentang J2 nemu artikel ini. Jadi makin manteb untuk beli Samsung Galaxy J2. Karena yang paling sesuai kantong dengan spek yang oke punya. Hhehehe

  2. J2 satu2nya Android dibawah 5jt yg bisa download booster (Gabungkan konek data 4G sama Wifi) jadi Speed buat downloadnya 2x lebih cepet, jadi kalo 4Gnya tembus 20MB/s Wifinya tembus 30MB/s kita dah dapet Speed 50MB/s. Gak perlu seri S ato Note buat dapetin download booster

  3. kayaknya memang oke buat jadi pilihan nih Samsung J2. Harganya ngga bikin kantong bolong yah.. Produk dari Samsung memang oke punya, mengikuti trend dikalangan masyarakat yang memang membutuhkan gadget yang canggih dengan harga yang okeeeii..

    Selain ini ada rekomendasi yang lain ngga yah Arenalte?

    oia, artikelnya bener-bener update banget, jadi membantu saya jadi ngga kudet =p